Analisa Kapasitas Terminal Domestik Bandar Udara (Studi Kasus Pada Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (TS-8)

Bandar udara adalah prasarana yang sangat penting dalam sebuah sistem transportasi udara. Terminal adalah salah satu prasarana yang harus terpenuhi dengan baik. Mengingat pentingnya fungsi dari sebuah terminal, maka perlu diadakan penelitian untuk mengevaluasi kapasitas dari terminal tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah model untuk melakukan evaluasi tersebut. Penelitian ini mengambil kasus pada terminal domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
Diawali dengan memproyeksikan jumlah penduduk dan PDRB/kapita untuk tahun-tahun mendatang, pada tahap berikutnya model diaplikasikan untuk menghitung jumlah penumpang yang akan datang ke Jakarta pada tahun-tahun mendatang. Tahap terakhir adalah membandingkan antara hasil perhitungan dengan standar kapasitas yang ada. 
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dengan menggunakan metode di atas, dapat disimpulkan bahwa sampai tahun 2016 terminal domestik pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih memenuhi standar Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJU) 

Kata kunci : Bandar udara, Terminal, Pemodelan, Kapasitas

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes