Analisa Kelayakan Rencana Pendirian Usaha Ayam Petelur Pada Perusahaan “ Citra Mandiri ” Blitar (AK-34)

BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya tujuan didirikannya suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya meskipun banyak alasan yang lainnya. Oleh karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan harus atau selalu diarahkan dalam pencapaian kestabilan kelangsungan hidup dan perkembangan usaha. Salah satu usaha yang ditempuh oleh perusahaan adalah dengan melakukan suatu investasi baru atau pendirian usaha baru.


Pendirian usaha baru ini dilakukan oleh perusahaan karena adanya faktor peluang usaha maupun peluang pasar yang masih terbuka lebar.

Dalam bidang perternakan peluang tersebut masih terbuka lebar. “Demokratisasi dalam liberalisasi yang melanda bidang politik dan
ekonomi ditanah air berimbas pula ke bisnis perunggasan. Peraturan-peraturan yang selama ini dinilai menghambat investasi dicabut semua. Kini pemerintah hanya akan memainkan peran sebagai fasilitator saja” (Trobos, 2000:5).

Hal ini juga didukung oleh pernyataan Dirjen Peternakan, Dr. Drh. Sofjan Sudradjad, Ms (2000:6) “… Anggaran pemerintah untuk pembangunan peternakan sekarang semakin mengecil sehingga yang diusahakan adalah mendongkrak investasi dari swasta”.

Perusahaan Citra Mandiri yang berkedudukan di Blitar tepatnya didesa Suruhwadang merupakan perusahaan peternakan ayam pedaging. Dalam tahun mendatang perusahaan merencanakan untuk melakukan investasi baru berupa pendirian usaha ayam petelur. Rencana tersebut didasarkan atas saran perusahaan ayam petelur Bukit Kopur yang pemiliknya masih saudara dari pemilik Citra Mandiri. Perusahaan tersebut dalam memenuhi permintaan telur selalu mengalami kekurangan.

Dalam mengatasi masalah ini perusahaan menyarankan perusahaan Citra Mandiri agar mendirikan usaha ayam petelur untuk memenuhi permintaan pasarnya. Selain itu agar pangsa pasar yang yang tersedia tidak jatuh ke perusahaan lain.
Dari gambaran tersebut terdorong untuk dilakukan penelitian pada perusahaan Citra Mandiri dalam kaitannya untuk merencanakan pendirian usaha baru khususnya ayam petelur. Untuk itu sebelum melaksanakan investasi tersebut, perusahaan harus melakukan analisis dulu supaya tidak menimbulkan kegagalan dan kerugian.

2. Rumusan Permasalahan

Seperti yang telah dijabarkan dalam latar belakang permasalahan, bahwa saat ini peluang investasi dibidang perternakan masih luas khususnya usaha ayam petelur. Dalam kaitannya dengan pendirian usaha baru, maka hal itu merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan rentabilitas dan memperbesar usaha. Untuk itu perusahaan perlu melaksanakan analisa kelayakan dalam pelaksanaannya.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut “Apakah rencana pendirian usaha ayam petelur yang akan dilakukan oleh perusahaan Citra Mandiri layak atau tidak?”


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes