Analisi Strategi Bisnis Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo Di Kabupaten Kediri…(45)


Strategi Bisnis Perusahaan merupakan salah satu factor yang sangat penting bagi Perusahaan. Membuat Strategi Bisnis Perusahaan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam rangka mencapai tujuan dan juga memungkingkan pimpinan Perusahaan mengukur bagaimana Bisnis yang dilakukan dalam menciptakan nilai dengan tetap mempertimbangkan kepentingan-kepentingan pada masa yang akan datang. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo dalam menjalankan usahanya dan untuk menganalisis Strategi Bisnis yang harus dilakukan Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo di Kabupaten Kediri.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian Deskriptif, tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dengan sisstim Checlist, dan dukumentasi. Analisis kualitatif dengan alat analisis SWOT, yaitu indentifikasi berbagai factor lingkungan Perusahaan/organisasi secara sistimatis untuk merumuskan sutau strategi, dengan dasar pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities) namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan acaman (Treats). 

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa usaha yang dilakukan Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo pada kenyataanya dihadapkan pada persoalan kelemahan yaitu : (1) Kualitas SDM karyawan rendah, (2) Rendahnya produktivitas lahan yang berakibat pada rendahnya produktivitas tanaman, (3) Terbatasnya jangkauan pasar dari produk-produk yang dihasilkan Perusahaan Dadrah Margomulyo, dan sesuai analisis yang telah dilakukan strategi yang harus ditempuh adalah Strategi SO, yaitu : Menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan jalan (1) Peningkatan pemanfaatan Teknologi Alsintan, (2) Pemanfaatan Bunga Bank, (3) Pemanfaatan Kebijaksanaan Pemerintah, (4) Melkukan Optimalaisasi lahan, (5) Melaksanakan Kemitraan. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes