ANALISIS DU PONT SYSTEM SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI PERTUMBUHAN PERUSAHAAN PADA PT.JAYA BALI GARMENT TABANAN-BALI (EKN-27)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Lasalah
Pada umumnya tujuan segenap perusahaan adalah memaksimalkan kekayaan pemegang saham. Tujuan tersebut mempunyai ruang lingkup yang luas. Artinya dapat memberikan dasar bagi manajemenuntuk mengambilkeputusan-keputusan dan tidak rasional terhadap perusahaan. Tetapi ada juga perusahaanyang tujuan umumnya adalah memaksimalkan laba tanpa memperhatikan kekayaan pemilik. Memangdidasari, mencari laba yang sebesar-besarnya adalah penting, tetapi management yang bijak seharusnya lebih memperhatikan investasi daripada total keseluruhan laba perusahaan.

Informasi mengenai perkembangan yang terjadi, apakah menguntungkan atau merugikan akan memberi bahan masukan yang berguna bagi pimpinan. Sedangkan untuk mengetahui tahap perkembangan secara terperinci mengenai informasi atau pertimbangan untuk mengambil keputusan dan tindakan dimasa mendatang, sebaiknya dibuat suatu analisa kwantitatif. Analisa ini bertujuan agar data lebih dimengerti sehingga dapat digunakan sebagai dasar berpijak dalam mengambil keputusan bagi phak yang membutuhkan.

Sebenarnya banyak analisa yang bisa digunakan untuk mencapai maksud tersebut diatas, tetapi salah satu analisa yang bisa digunakn olehperusahaan untuk mencapai maksud yang maksimal adalah analisa Du Pont System. Weston dan Brigham mengatakan :
“Analisa Du Pont System adalah analisa yang mencakup seluruh rasio aktifitas dan margin keuntungan atas penjualan untuk menunjukkan bagaimana rasio ini mempengaruhi profitabilitas”. (J. Ferd Weston dan Fligene F. Bringham, 1994;152).

Dengan demikian analisa Du Pont System tidak hanya memfokuskan pada laba yang dicapai , tetapi juga pada investasi yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.
Disadari bahwa dengan menggunakan salah satu analisis saja ( Analisa Du Pont System ) tidak semua tujuan kuantitatif (Financial dan Non Financial ) dalam satu badan usaha perusahaan akan dicapai secara maksimal. Tetapi paling tidak dengan analisa Du Pont System ini, salah satu tujuan kuantitatif bias tercapai . Pada gilirannya hal ini akan menjadi penunjang tercapainya tujuan lain.

1.2. Rumusan Masalah
Informasi mengenai perkembangan yang terjadi , apakah menguntungkan atau merugikan akan diberikan bahan masukan (input) yang berguna bagi para pengelola perusahaan. Sedang untuk mengetahui tahap pertumbuhan secara terperinci mengenai informasi keuangan yang pada gilirannya dapat dijadikan pedoman atau pertimbangan untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang, seyogyanya dibuat suatu analisa yang menyeluruh.

Dan pada uraian terdahulu dikemukakan bahwa masalah yang dihadapi oleh PT. Jaya Bali Garment adalah bertitik tolak pada cara penganalisaan informasi keuangan sehingga tingkat perkembangan perusahaan tidak diketahui secara tepat . Berdasarkan uraian tersebut diatas maka dapatlah penulis rumuskan masalah yang terjadi pada PT. Jaya Bali Garment. yaitu : “ Bagaimana Du Pont System dapat digunakan untuk mengetahui pertumbuhan dan kemajuan yanbg dicapai oleh PT. Jaya Bali Garment dapat diketahui secara tepat ? “

1.3. Tujuan Penelitian
Adapun dari tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan atau kegagalan perusahaan dalam menilai perkembangan usahanya apabila dicari dengan menggunakan Analisa Du Pont System.

1.4. Manfaat Penelitian
1. Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat memberikan penilaian secara langsung terhadap perusahaan dalam rangka profitabilitas.

2. Bagi Peneliti Lain

Sebagai refrensi untuk mengadakan penelitian –penelitian lebih lanjut,khususnya mengenai masalah yang serupa.
3. Bagi Penulis
Dapat memperluas ilmu pengetahuan terhadap mata kuliah yanmg diberikan, khususnya dibidang akuntansi dan dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat dan berharga sehingga penelit dapat menerapkan mata kuliah yang telah didapatkan di bangku kuliah.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes