Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Rokok Sebelum Dan Sesudah Go Public Di Bursa Efek Surabaya … (35)



Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Surabaya, pada tiga perusahaan rokok yaitu Perusahaan Rokok Gudang Garam, Perusahaan Rokok Sampoerna dan Perusahan Rokok BAT Indonesia. Studi ini dilakukan untuk membuktikan : 1) Apakah ada perbedaan antara kinerja keuangan perusahaan rokok sebelum dan sesudah go public, 2) Apakah go public mempunyai dampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan rokok, 3) Dari rasio rentabilitas, likuiditas, dan solvabilitas, rasio mana yang mempunyai kontribusi yang dominan terhadap kinerja keuangan perusahaan rokok, 4) Apakah pertumbuhan perusahaan efisien ditinjau dari segi keuangan.

 
Jumlah sampel yang diambil adalah 3 perusahaan rokok yang ada di Bursa Efek Surabaya yang telah melakukan go public. Pada tahun 1990 dengan menggunakan metode Purposive Random Sampling. Analisa data yang digunakan untuk menganalisa adalah dengan model Analisis Multiple Diskriminant, t-test, dan batas laju pertumbuhan perusahaan ditinjau dari segi keuangan.


Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada perbedaan kinerja keuangan perusahaan rokok sebelum dan sesudah go public. 2) Go public mempunyai dampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan rokok. 3) Rasio rentabilitas mempunyai kontribusi yang dominan. 4) Pertumbuhan perusahaan dapat dikatakan efisien.




Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes