ANALISIS PERBANDINGAN HARGA SAHAM SEBELUM, SAAT DAN SESUDAH PERISTIWA PELEDAKAN BOM KUNINGAN – JAKARTA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO (EKN-17)


BAB I
PENDAHULUHAN

1.1. Latar Belakang

Ditengah kesibukan maupun aktifitas yang dilakukan oleh para pebisnis, bangsa Indonesian dikejutkan lagi dengan aksi peledakan bom yang untuk ketiga kalinya, dan kali ini berpusat di ibu kota Jakarta. Kamis pagi tanggal 9 September 2004. Dalam hal ini perekonomian Indonesia lagi-lagi harus dikejutkan oleh aksi teror pasca peledakan bom yang terjadi di Bali.

Dimana peledakan bom itu terjadi di depan Kedubes Australia yang terletak dikawasan Kuningan-Jakarta, salah satu jantung ibu kota Jakarta. Daerah ini dikenal juga sebagai salah satu titik areal segi tiga Kuningan, Sudirman dan Tamrin. Adapun sebagian besar kantor dan pusat pebisnis penting berada di kawasan ini.
Dengan kejadian ini memicu sentimen negatif mikro ekonomi, seperti rupiah dan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Seperti halnya yang telah terjadi indeks pun langsung tekoreksi, dalam sesi pembukaan perdagangan awal pekan lalu. Di Pasar spot antar bank Jakarta rupiah sempat terperosok keposisi Rp.9.300,- sebelumnya harga berkisar antara Rp. 9.275,-.

Memang beberapa kalangan masih meragukan apa ada kenaikan indeks kali ini dilantai Bursa Efek Jakarta. Dengan kondisi masih belum benar-benar pulih atau penguatannya masih samir. Wajar-wajar saja, pasar itukan isinya kekawatiran dan harapan, ada yang pesimis dan optimis. Kata analisis pasar modal dan perbankan Fendi Susiyanto Di Jakarta.

Dilantai Bursa Efek Jakarta (BEJ) Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) Dalam minggu ini mengalami sedikit perubahan. Setelah sebelumnya menko polkam Hari Sabarno mengungkapkan, setelah rapat yang digelar oleh jajaran kabinet. Bahwa kondisi secara umum diseluruh Indonesian masih aman dan terkendali. Masyarkat dalan negri dan asing diminta tetap percaya pada pemerintah Indonesia untuk kestabilan pemeliharaan keamanan. Dimana perkembangn kondisi bursa regional sedikit ada peningkatan, itu dikarenakan adanya sentimen positif bursa regional

Dengan adanya latar belakang maka dikatakan perlu adanya satu perbandingan harga saham sebelum-saat, saat-sesudah dan sebelum-sesudah peristiwa peledakan bom Kuningan-Jakarta pada kelompok perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Dapat mempertahankan dan memperbaiki harga saham atau malah sebaliknya.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka dalam penelitian dapat dirumuskan satu permasalahan yaitu “Apa ada perbedaan yang signifikan antara harga saham sebelum-saat, saat-sesudah dan sebelum-sesudah peristiwa peledakan bom Kuningan pada kelompok perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta?”.

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sasaran yang ingin dicapai dalam mengadakan suatu penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara harga saham sebelum-saat, saat-sesudah dan sebelum-sesudah peristiwa peledakan bom di kuningan-Jakarta pada kelompok perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta”.

1.4. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian yang akan dilakukan, yaitu:
1. Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan mengen`i pengaruh non ekonomi, yaitu peristiwa peledakan bom Kuningan-Jakarta terhadap harga saham.
2. Bagi Perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau sarana pemberian informasi dalam perhitungan pengambilan keputusan yang berkenaan dengan masalah yang di hadapi perusahaan.
3. Bagi Investor
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan strategi dan analisis dalam berinvestasi di Bursa Efek Jakarta.

4. Bagi Peneliti lain
Penelitian ini di harapkan dapat memberikan referensi bagi peneliti lebih lanjut dan sebagai bahan pertimbangan jika diadakan penelitian yang sejenis.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes