Analisis Usaha Ternak Domba Ekor Gemuk Studi Dengan Menggunakan Pakan Konsentrat di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember … (101)


Penelitian dilakukan di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember pada bulan Pebruari 2006 sampai dengan April 2006. Penelitian bertujuan untuk mengetahui macam biaya, besarnya biaya, pertambahan berat badan dan populasi setelah proses penggunaan pakan konsentrat. Sampel diambil sebanyak 30 orang dari populasi sebanyak 61 orang dengan cara simple random sampling.
Hasil penelitian sebagai berikut : 

Biaya yang diperlukan untuk usaha ternak domba ekor gemuk selama 1 periode adalah Biaya variabel terdiri atas induk domba, pejantan domba, pakan konsentrat, hijauan pakan ternak, dan obat untuk pemilikan sebesar Rp Rp 95.292.000. Sedang biaya tetap termasuk di dalamnya tenaga kerja ahli, tenaga kerja kasar, pembuatan kandang dan pelatihan peternakan sebesar Rp 13.950.000,-. Biaya total sebear Rp 109.242.000,-.
Penerimaan terdiri atas penerimaan utama berupa penjualan induk domba, pejantan domba dan anakan ke 1 dan anakan ke 2 serta nilai sisa kandang pada akhir periode sebesar Rp 174.700.000,- 

Kelayakan usaha mencapai 1,599 sehingga dapat dikatakan cukup layak dan usaha penggemukan ini hanya sebagai usaha sampingan dari usahatani yang utama yaitu usahatani tanaman pangan. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes