Dukungan Xml Pada Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Magister Teknologi Informasi (MTI) UGM (TE-11)

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Teknologi internet semakin lama semakin berkembang. Kini boleh dikatakan hampir seluruh dunia terjangkau internet. Padahal, pada mulanya internet hanya digunakan di universitas-universitas tertentu dan lembaga-lembaga militer sebagai sarana komunikasi mereka.

Dampak dari perkembangan teknologi internet ini adalah lahirnya berbagai jenis bahasa pemrograman berbasis web seperti PHP, ASP, Java Applet, JSP, dan lain-lain. Meskipun banyak ragam bahasa pemrograman berbasis web, pada umumnya para pengembang (developer) masih menggunakan Hyper Text Markup Language (HTML) sebagai dasar pengembangan situs-situs internet. HTML sendiri merupakan sebuah revolusi penemuan karena dengannya kita dapat membuat data tampil dengan mudah di layar monitor, melalui internet.


Namun, dengan semakin meningkatnya jumlah data dan jumlah halaman dalam suatu website, masalah pengembangan dan reusability menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Kelemahan dari HTML adalah ia tidak bisa memisahkan antara isi, xaitu data yang ingin ditampilkan, dengan style, yaitu dengan cara apa kita hendak menampilkan data. Sehingga, suatu halaman web yang memuat banyak data dengan disain yang kompleks akan terlihat sangat ruwet, sehingga menyulitkan bila kita ingin mengembangkan dan memodifikasi halaman tersebut. Selain itu, HTML hanya bisa ditampilkan melalui browser komputer. Ia tidak bisa ditampilkan di Personal Digital Assistance (PDA), telepon genggam, dan peralatan bergerak lainnya.

Di tengah masalah pengembangan ini, lahir sebuah bahasa yang dinamakan eXtensible Markup Language (XML). XML mampu memisahkan antara data dengan style dari suatu halaman dengan memanfaatkan teknologi XSL (eXtensible Stylesheet Language). XML juga mampu bertindak sebagai suatu basis data sederhana yang sanggup menerima query dan menampilkan sesuai dengan query. Di samping itu, XML bukan merupakan bahasa yang vendor specific, artinya tidak terikat oleh suatu pengembang perangkat lunak atau bahasa tertentu seperti Sun Microsystem, Microsoft, dan Oracle. XML juga tidak memiliki tag-tag khusus yang hanya berlaku pada satu browser namun tidak berlaku untuk browser yang lainnya seperti yang terjadi pada HTML. Sifat ini membuat data yang ditulis dalam bentuk XML dapat dipertukarkan dengan mudah dengan tetap menjaga integritas data, dari satu platform ke berbagai macam platform lainnya. Keunggulan ini membuat banyak pengembang software berbasis web beralih ke XML untuk menggantikan HTML, meskipun dalam masa transisi kehadiran HTML masih sangat diperlukan, sehingga para developer mengembangkan suatu bahasa markup kombinasi antara XML dan HTML yang bernama XHTML.

Berdasar penemuan baru ini, yaitu XML, maka penulis berusaha menyelidiki keunggulan-keunggulan dan kelemahan-kelemahannya dengan menerapkan XML pada salah satu bagian dari sistem distance learning yang dirancang oleh tim mahasiswa di bawah bimbingan Bapak Teguh Barata Adji, yaitu bagian pencarian data.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes