Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Deposan Untuk Mendepositokan Dananya Pada Bank Mandiri Cabang Probolinggo … (85)


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh faktor yang menjadi pertimbangan nasabah dalam pengambilan keputusan menempatkan deposito pada Bank Mandiri cabang Probolinggo. 2) Menganalisis pengaruh di antara faktor yang menjadi prioritas utama di dalam pengambilan keputusan menempatkan deposito pada Bank Mandiri cabang Probolinggo.


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatoris (explanatory research) yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan pengaruh antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas adalah X1:Suku Bunga; X2 :Keamanan; X3 :Keunggulan Deposito; X4: Kenyamanan; X5 : Pelayanan; X6: Promosi; X7: Jarak dan variabel terikat adalah Keputusan mendepositokan uangnya (Y). teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Kuesioner dan Dokumenter, yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan model statistik dalam program komputer ( SPSS 10.0 ), dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil analisis pengaruh, ternyata factor tingkat suku bunga, factor pelayanan yang terdiri dari keramahan customer service, kecepatan pelayanan oleh petugas, frekuensi antrian yang relatif kecil, dan sikap professional dari petugas Bank Mandiri, factor keamanan, yang terdiri dari likuiditas suatu perbankan, deposito yang dijamin oleh pemerintah, satuan pengamanan kantor yang handal dan berwibawa serta keamanan di sekitar kantor Bank, promosi, factor keunggulan deposito, kenyamanan dan factor jarak memberi pengaruh sangat kuat terhadap keputusan deposan untuk mendepositokan uangnya di Bank Mandiri. Hal ini dibuktikan dengan analisis R multiple: 69.40 %. Sehingga keputusan deposan untuk mendepositokan uangnya di Bank Mandiri dapat dijelaskan oleh factor-faktor tersebut di atas; 2) Memperhatikan koefisien faktor dari masing-masing sub variabel, maka secara berturut-turut koefisien faktor yang berimplikasi positif sangat baik terhadap keputusan deposan untuk mendepositokan uangnya di Bank Mandiri adalah tingkat suku bunga yang menarik, kompetitif dan tinggi, Peningkatan pelayanan yang terdiri dari keramahan customer service, kecepatan pelayanan oleh petugas, frekuensi antrian yang relatif kecil, dan sikap professional dari petugas Bank Mandiri, factor keamanan, yang terdiri dari likuiditas suatu perbankan, deposito yang dijamin oleh pemerintah, satuan pengamanan kantor yang handal dan berwibawa serta keamanan di sekitar kantor Bank. Sedangkan yang terakhir factor promosi, ada pengaruh signifikan negatif.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes