KOMPUTERISASI DATA NILAI UJI KOMPETENSI PADA SMK YIS MARTAPURA OKUT MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS (IK-17)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dewasa ini, penggunaan komputer semakin meluas. Hampir setiap instansi baik pemerintah maupun swasta telah menggunakan fasilitas komputer sebagai alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Pesatnya perkembangan komputer terjadi secara terus menerus seiring dengan perkembangan IPTEK.

Hal ini lebih dirasakan lagi dalam dunia pendidikan sekarang ini, karena rata-rata disekolah dan perguruan tinggi sudah menggunakan komputer sebagai penunjang belajar siswa. Hal ini disebabkan teknologi informasi yang dapat secara langsung mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Meskipun perkembangan komputer mulai merata namun masih ada pula suatu instansi / sekolah yang informasi tentang pengolahan datanya masih secara manual. Pada pengolahan data secara manual memiliki kelemahan diantaranya adalah sulit untuk menghasilkan informasi dengan cepat, dokumentasi yang tidak sulit, dan lain-lain.
Pada SMK YIS Martapura pengolahan data nilai uji kompetensinya masih menggunakan sistem manual, untuk itu dengan adanya sistem yang berbasis komputer diharapkan dapat membantu SMK YIS Martapura dalam pengolahan data nilai uji kompetensi disekolah tersebut dengan menggunakan Microsoft Access.
Berdasarkan masalah diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Komputerisasi Data Nilai Uji Kompetensi pada SMK YIS Martapura OKU menggunakan Microsoft Access”. Dengan adanya aplikasi Microsoft Access yang mengacu pada pengolahan data, maka akan sangat membantu untuk mempermudah pendataan secara efektif dan efisien.

B. Batasan Masalah
Di dalam penelitian ini penulis membatasi permasalahan hanya mengenai Komputerisasi Data Nilai Uji Kompetensi pada SMK YIS Martapura OKUT menggunakan Microsoft Access.

C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dijadikan sebagai acuan adalah bagaimana merancang dan membangun suatu komputerisasi data nilai uji kompetensi dengan menggunakan Microsoft Access ?.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes