KOMPUTERISASI SISTEM ADMINISTRASI PEMELIHARAAN KENDARAAN PADA KOPERASI PEGAWAI KANTOR PT PLN P3B JAWA BALI (IK-09)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Umum
Sejak diperkenalkannya komputer yang pertama secara komersial pada tahun 1951 di Amerika Serikat, proses transaksi bisnis perdagangan telah berubah. Komputer telah menjadi suatu peralatan yang dapat menambah unjuk kerja, menurunkan biaya operasi dan menaikkan produktifitas kerja dari fungsi-fungsi manajemen dan administrasi pada suatu organisasi. Komputer telah meningkatkan kemampuan kerja dari para pekerja di bidang informasi. Komputer juga telah menjadi sebuah peralatan yang dominan dalam membantu manajer dan pekerja dalam memproses administrasi, menganalisa problem yang rumit, mengevaluasi pilihan-pilihan keputusan dan berkomunikasi dengan yang lain.

Setiap perkembangan komputer dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) selalu menjurus kepada penggunaan aplikasi bisnis yang lebih besar, pemecahan masalah yang lebih kompleks, proses pengolahan yang lebih cepat (speed), tingkat ketelitian yang tinggi (Accuracy), daya tampung (Storage) yang lebih besar dan peningkatan keandalan (Reliable) dalam menangani pekerjaaan yang berulang-ulang.
Penemuan komputer mikro (Personal Computer – PC) pada tahun 1977 telah memberikan dampak yang besar dalam peningkatan pemakaian komputer pada suatu organisasi atau perusahaan. Selain kecepatan kerjanya bertambah, sistem operasinya juga bertambah baik pada unjuk kerja maupun fungsinya seperti generasi IBM Dos dan MS DOS. Kemudian dilanjutkan dengan generasi Microsoft Windows 3.1, 3.11 (Windows Workgroup), Windows 95, 98, Me, 2000, Xp dan NT.

Paket-paket aplikasi juga sangat maju dengan kemampuannya menyelesaikan pekerjaan yang rumit. Sekarang, pengolah kata (Word Processing), lembar kerja (Spreadsheet), basis data (Database), vektor grafik CAD (Computer Aided Design) maupun model-model grafik dan bitmap adalah hal-hal yang biasa dijumpai.

Salah satu aktifitas yang tidak dapat lepas dari pengunaan teknologi informasi adalah aktifitas perekonomian. Sedangkan perekonomian memegang peranan penting dalam kesuksesan suatu negara. Di Indonesia, salah satu pelaku ekonomi yang didukung pemerintah untuk terus berkembang adalah koperasi karyawan.

Koperasi karyawan merupakan koperasi yang didirikan oleh karyawan atau pegawai suatu perusahaan dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota atau karyawan pada perusahaan tersebut. Kegiatan koperasi karyawan antara lain usaha simpan pinjam, penyediaan kebutuhan pokok, usaha jasa penyewaan kendaraan, pengadaan alat kantor dan lain-lain.
Setiap anggota koperasi secara aktif memajukan koperasi dengan membayar iuran wajib, belanja di toko kebutuhan pokok serta melakukan kegiatan simpan pinjam. Anggota koperasi berhak mengetahui sejauh mana perkembangan koperasi dengan memanfaatkan laporan yang dikeluarkan pengurus setahun sekali pada rapat anggota tahunan (RAT), oleh karena itu kegiatan transaksi yang berlangsung memerlukan pencatatan yang rapi dan seksama agar dapat dipertanggungjawabkan kepada anggota.

Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membatasi permasalahan pada kegiatan yang terjadi pada salah satu bidang usaha koperasi yaitu unit usaha jasa/pemasok. Unit usaha jasa/pemasok adalah bidang jasa pada koperasi yang bertanggungjawab dalam pengembangan usaha yang dapat memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi koperasi. Kegiatan bisnis unit usaha jasa/pemasok terdiri dari jasa penyewaan alat kerja reperti mesin foto copy, komputer, kendaraan dan lain-lain.
Dalam unit usaha jasa/pemasok ini juga terdapat kegiatan administrasi, pelaporan, manajemen keuangan dan pengembangan usaha.

Dengan uraian tersebut maka Penulis merasa tertarik untuk menjadikan proses administrasi pemeliharaan kendaraan pada unit usaha jasa/pemasok sebagai bahan penyusunan tugas akhir dengan judul “Komputerisasi Sistem Administrasi Pemeliharaan Kendaraan pada Koperasi Pegawai Kantor PT PLN (Persero) P3B Jawa Bali”.

1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah :
a. Menyumbangkan pemikiran dalam bentuk rancangan sistem informasi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana teknologi informasi dalam menyediakan informasi yang sangat penting dalam menunjang aktifitas manajemen di dalam perusahaan.
b. Memberikan gambaran tentang kemajuan pemanfaatan teknologi informasi (komputerisasi) pada pelaku perekonomian seperti koperasi.
c. Menunjukkan tingkat pemahaman dalam menyusun suatu karya ilmiah yang tersusun dan terencana sehingga diharapkan dapat bermanfaat dalam mencarikan suatu solusi dari permasalahan pada bidang pekerjaan.
d. Menambah pengalaman yang bermanfaat dalam pekerjaan pembangunan dan pengembangan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi.
Sedangkan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk melengkapi salah satu syarat kelulusan pada program Diploma III Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) program studi Manajemen Informatika.

1.3. Metoda Penelitian
Dalam penulisan tugas akhir ini, metoda penelitian dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a. Wawancara
Wawancara dilakukan dengan narasumber yang berhubungan dengan kegiatan usaha jasa.
b. Observasi
Melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan usaha jasa sewa kendaraan.

c. Studi Pustaka
Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengambil referensi dari buku-buku dan literatur yang berhubungan dengan pembahasan masalah.

1.4. Ruang Lingkup
Mengingat perkembangan sistem informasi manajemen begitu pesat dimana menyebabkan makin luasnya ruang lingkup sistem informasi manajemen yang digunakan, maka penulis membatasi masalah penulisan pada sistem administrasi pemeliharaan kendaraan yang terdiri dari proser pengajuan anggaran pemeliharaan, proses operasional dan pemeliharaan kendaraan, proses penyusunan laporan penutupan anggaran dan data spesifikasi teknik kendaraan.

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes