KORELASI ANTARA PELAYANAN APLIKASI ADJI TARTIB ASSOCIATION (ATA) DENGAN KEPUASAN USER DI HOTEL BAHARI INN (KA-1)

Dalam era globalisasi pada saat ini persaingan bisnis dibidang jasa sudah semakin ketat, maka suatu perusahaan harus memiliki misi yang jelas untuk membawa usahanya ke arah yang lebih baik. Perubahan situasi lingkungan, kebutuhan masyarakat serta harapan para pengguna sistem informasi yang tidak menentu merupakan faktor- faktor penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Bila suatu perusahaan tersebut tidak mengikuti arus globalisasi maka perusahaan akan tertinggal jauh diantara para pesaing yang semakin kompetitif.

 Kepuasan  User  adalah  persepsi  user  bahwa  harapannya  terhadap  sistem informasi telah terpenuhi. Kepuasanuser ditentukan oleh kualitas sistem informasi yang dikehendaki user  terhadap segala  operasi  di  perusahaan, sehingga jaminan kualitas sistem informasi menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan sekarang ini khususnya dijadikan sebagai tolakukur keunggulan daya saing perusahaan.
Hampir seluruh perhotelan yang ada sekarang ini telah menerapkan sistem informasi dalam menjalankan seluruh aktivitasnya. Salah satunya yaituhotel Bahari Inn dengan menggunakan Aplikasi Adji Tartib Association (ATA)dalam menjalankan kegiatan operasional karyawannya. Aplikasi tersebut memberikankemudahan bagi karyawannya dalam melaksanakantugas mereka masing-masing.Untuk mengetahui seberapa baiknya pelayanan aplikasi, salah satu unsur yang dapat digunakanadalah kepuasan informasi user, dimana tingkat kepuasanuser dipengaruhi oleh pelayanan aplikasiATA.
Setiap perusahaan memiliki manajemen yang sudah ditetapkan, demikian pula di dalamperhotelan. Hotel Bahari Inn memiliki manajemen yang dirancang untuk mengendalikan dan memberikankenyamanan bagi karyawan atau user.  Manajemen hotelberlaku untuk seluruhkaryawan hotel termasuk user. Oleh karena itu kepuasan user juga bergantung pada manajemen yang berlaku di hotel.
Hotel Bahari Inn terbagi menjadi beberapa bagian yaitu room development staff, Food and beveragestaff, accounting staff, sales & marketing staff, purchasing staff, human resource development staff, Information Technology, Enginering staff, dan security Staff. Seluruh karyawan memiliki tugas yang berbeda namun proses kerja yang mereka laksanakan saling berkaitan satu sama lain sehingga terciptasebuah lingkungan kerja di hotel Bahari Inn. Lingkungan kerja akan mempengaruhi tingkat kepuasan user, dimana lingkungan kerja yang nyaman, rukun,saling menghargai, dan kekeluargaan akan memberikan kepuasan bagi karyawan atau user disetiap organisasi.
Ada beberapaalasan seseorang bekerja, yaitu untuk memperdalam ilmu, memperoleh harga diri, dan yang utama adalah mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal-haltersebut dinamakan motivasi kerja yang mendorong seseorang untuk  lebih  giat  bekerja,  dan  lebih  mencintai  bidang  yang  dikerjakan  oleh  user. Kepuasan karyawan atau user dipengaruhi oleh motivasi kerja dimana organisasikerja memberikan segala yang diinginkan oleh karyawan atau user.Semakin meningkatnya motivasi kerjamaka tingkat kepuasankaryawan atau userdalam pekerjaannya juga akan meningkat.
Masalah   yang   sedang   dihadapi   hotel   Bahari   Inn   saat   ini   adalah   tidak diketahuinya tingkatkepuasan user terhadap penerapanaplikasi ATA, oleh karena itu

peneliti   tertarik   untuk   mengadakan   penelitian   dengan   melakukan   perbandingan hubungan antarapelayanan aplikasi dengankepuasan user pada hotelBahari Inn.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes