Pengaruh Faktor Kepemimpinan Situasional Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Dinas Pertainan Kabupaten Gresik) … (19)


Penelitian ini dilakukan di Dinas Petanian Kabupaten Gresik mulai bulan Mei sampai dengan Agustus 2005 yang bertujuan untuk ; (1) menganalisis pengaruh faktor kepemimpinan situasional yang terdiri dari hubungan atasan bawahan, struktur tugas dan kekuasaan dan wewenang terhadap prestasi kerja pegawai.(2) menganalisis salah satu faktor kepemimpinan situasional yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Gresik.



Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, sedangkan teknik pengambilan sample adalah total sampling terhadap 31 responden (semua pejabat eselon III dan IV). Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data skunder. Data primer yang berasal dari responden dianalisis dengan regresi liniear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) faktor kepemimpinan situasional yang terdiri dari hubungan atasan bawahan, struktur tugas dan kekuasaan dan wewenang berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai sebesar 36.7%, sedangkan sisanya sebesar 63.3% disebabkan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini; 2) faktor kepemimpinan situasional kekuasaan dan wewenang mempunyai pengaruh paling dominan yaitu sebesar 0,310 terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, hal ini dapat diartikan jika variabel kekuasaan dan wewenang berubah satu satuan, maka variabel prestasi kerja akan berubah.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes