Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Peningkatan Motivasi kerja Pegawai (Studi pada Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Malang) … (102)


Latar belakang dilakukan penelitian ini karena pada Bagian Humas dan Protokol merupakan bagian yg ditunjuk untuk menjembatani berbagai kepentingan di Pemerintah Kabupaten Malang baik internal maupun eksternal untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan iklim kerja yang menyenangkan untuk meningkatkan motivasi kerja pergawai.


Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh apakah komunikasi internal terhadap peningkatan motivasi kerja pegawai dan seberapa besar pengaruhnya serta factor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi kerja pegawai pada Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Malang.
Penelitian ini didasarkan pada Teori Hubungan Komunikasi Interpersonal yang meliputi model pertukaran sosial, model peranan, model peranan, model interaksional dan Teori Motivasi meliputi teori Kepuasan dan teori motivasi proses.

Tipe penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Malang yang berjumlah 40 orang. Teknik sample yang digunakan adalah total sampling yaiti apabila jumlah sampling di bawah 100 maka sample yang diambil adalah semuanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode analisis regresi linear sederhana dengan rumus Y = a + bx

Hasil penelitian ini diperoleh F hitung 31.107 dan F tabel (5%) 4.10 karena F hitung 31.107 > F tabel (5%) 4.10. Untuk mengetahui besarnya pengaruh variable (x) komunikasi internal terhadap peningkatan motivasi kerja (y) menggunakan rumus determinasi ( ) x 100, sehingga di ketahui besarnya pengaruh adalah 45% dan untuk mengetahui besar kecilnya peningkatan motivasi kerja pegawai menggunakan persamaan linear sederhana yaitu Y = 20.195 + 0.779 x. Yang berarti peningkatan 1 nilai komunikasi internal pada Bagian Humas dan Protokol akan menyebabkan peningkatan nilai motivasi kerja pegawai sebesar 0.779. Dengan berdasarkan pada persamaan regresi tersebut, dapat dianalisis bahwa pengaruh komunikasi internal terhadap peningkatan motivasi kerja pegawai Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Malang adalah positif.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes