Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Rawat Inap Puskesmas Di Kabupaten Trenggalek … (26)



Tujuan penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi (MBO, program penghargaan karyawan, program keterlibatan karyawan, program imbalan bervariasi, program imbalan berdasarkan ketrampilan dan manfaat yang fleksibel) terhadap kinerja pegawai rawat inap Puskemas Kabupaten Trenggalek, (2) Untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai rawat inap Puskesmas Kabupaten Trenggalek.




Penelitian dilaksanakan di 14 Puskesmas Unit rawat inap yang ada di Kabupaten Trenggalek dimulai pada bulan September 2005 sampai Nopember 2005. Jenis penelitian sesaat (Cross Sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah wilayah generalisasi yang terdiri tas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian di tarik kesimpulan. Sampel diambil menggunakan teknik Pourposive Random Sampling.


Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Hasil uji F sebesar 44,565 artinya secara bersama terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel MBO (X1), program penghargaan karyawan (X2), program keterlibatan karyawan (X3), program imbalan bervariasi (X4), program imbalan berdasar keterampilan (X5), dan manfaat yang fleksibel (X6), tehadap kinerja (Y). Dan angka R Square sebesar 0,707 artinya bahwa variabel Y sebesar 70,7% dipengaruhi oleh variabel : MBO (X1), program penghargaan karyawan (X2), program keterlibatan karyawan (X3), program imbalan bervariasi (X4), program imbalan berdasar keterampilan (X5), manfaat yang fleksibel (X6), dan var7 (X7), Sedangkan sisanya 29,3 % dipengaruhi variabel lain.


2. Besarnya kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen secara berurutan mulai yang paling besar adalah sebagai berikut : (1) program imbalan berdasar keterampilan (X5) sebesar 6.00 %, (2) manfaat yang fleksibel (X6) sebesar 5.57 %, (3) program keterlibatan karyawan (X3) sebesar 5.34 %, (4) program imbalan bervariasi (X4) sebesar 4.37 %, (5) MBO (X1) sebesar 3.72 %, dan (6) program penghargaan karyawan (X2) sebesar 2.79 %. Dari keadaan tersebut kontribusi variabel Program imbalan berdasar ketrampilan (X5) sebesar 6.00 % adalah paling dominan

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes