Pengaruh Pola Kemitraan Pt Bisi Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Cabai … (89)


Masyarakat di Desa Maron Kecamatan Kabupaten Blitar sebagian besar penduduknya mata pencahariannya adalah petani. Usaha untuk meningkatkan kwalitas dan kuantitas produksi yang secara langsung akan meningkatkan pendapatan petani, petani di Desa Maron mengambil langkah alternatif dengan program pola kemitraan dengan PT BISI. 

Dengan pola kemitraan diharapkan dapat miningkatkan kemakmuran.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh pola kemitraan terhadap peningkatan pendapatan petani cabe di Desa Maron, 2) Mengetahui pengaruh yang paling dominan pada pola kemitraan terhadap peningkatan petani cabe di Desa Maron.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif , tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Metode analis yang dugunakan adalah dengan menggunakan analisis korelasi berganda dan regresi linear berganda. 

Berdasarkan tujuan, hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan : 1) Ada pengaruh pola kemitraan terhadap peningkatan pendapatan petani cabe di Desa Maron, dengan koefisien korelasi sebesar 0.929. 2) Pengaruh yang paling dominan dalam pola kemitraan terhadap peningkatan petani cabai adalah variabel kepastian pasar (X2) dengan koefisien regresi sebesar 0.324. Sedangkan yang kedua adalah variabel jaminan harga (X3) dengan koefisien regresi sebesar 0.316. Dan yang ketiga adalah pengadaan benih (X1) dengan koefisien regresi sebesar 0.309 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes