PENGARUH POTONGAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TSHIR’T DI CV. Bn’C BANDUNG (EKN-117)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Penelitian
Menghadapi pasar bebas, perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat. Maka perubahan-perubahan terjadi di berbagai bidang, baik itu sosial, politik, ekonomi. Khususnya dalam bidang ekonomi banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi setiap zaman dan tahunnya, misalnya zaman dahulu kita melakukan transaksi jual beli dengan cara barter. Tapi di zaman sekarang yaitu zaman modern kita melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan alat yang berupa uang. Hal tersebut menjadi bukti bahwa perubahan-perubahan yang begitu tampak dan berganti setiap zamannya, adalah perubahan ekonomi.

Indonesiapun banyak sekali mengalami perubahan dalam bidang ekonomi, tidak hanya dari cara transaksi jual beli, tapi sudah mengalami perubahan dari keadaan atau kondisi ekonomi, sejak tahun 1997 keadaan ekonomi kita mengalami masanya transisi atau krisis ekonomi, akibat dari krisis tersebut banyak terjadi masalah, seperti pengangguran, kemiskinan dan harga semua kebutuhan primer, sekunder dan tersier melonjak naik. Sehingga masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat mengalami depresi. Akibatnya banyak konsumen yang membatasi pembelian kebutuhannya.
Dari semua kejadian diatas yang benar-benar mengalami krisis ekonomi khususnya penurunan pendapatan yaitu para pengusaha yang bergerak di bidang sekunder contohnya pengusaha pakaian jadi. Mereka enar-benar kewalahan dalam mengelola uasahanya karena pendapatan mereka lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran , untuk bisa mempertahankan usahanya mereka mempunyai strategi pemasaran yang berbeda-beda
CV. Bn’C yang bergerak dibadang usaha pakaian jadi mempunyai strategi pemasaran yaitu promosi penjualan dengan adanya potongan harga dari jenis barang yang dihasilkan CV. Bn’C terutama untuk jenis pakaian. Potongan harga tersebut merupakan strategi yang terakhir dilakukan oleh Bn’C untuk mempertahankan usahanya karena dengan adanya potongan harga keputusan konsumen untuk membeli menjadi meningkat permasalahan yang mungkin muncul apakah potongan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, berdasarkan uraian latar belakang tersebut penulis tertarik menganalisis masalah dengan judul :
“ PENGARUH POTONGAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TSHIR’T DI CV. Bn’C BANDUNG “

1.2. Identifikasi Masalah
Dalam penelitian yang dilaksanakan pada CV Bn’C Bandung, penulis mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan judul sekripsi yang penulis tetapkan. Oleh karna itu penulis mengidentifikasikan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana Potongan Harga yang ditetapkan Pada Tshir’t CV B’NC Bandung.
2. Bagaimana Proses keputusan Konsumen dalam membeli produk Tshir’t CV. Bn’C Bandung.
3. Seberapa besar pengaruh potongan harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Tshir’t CV Bn’C Bandung.

1.3. Maksud Dan Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dari identifikasi masalah diatas, maka maksud dilakukannya penelitian ini adalah berhubungan dengan masalah pengaruh Potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen C V Bn’C serta untuk memperoleh data guna menyusun skripsi yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang kelulusan program Sarjana S1 Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Sedangkan maksud penelitian ini adalah :
1. Untuk Mengetahui Potongan Harga yang ditetapkan Pada Tshir’t CV Bn’C Bandung.
2. Untuk mengetahui Proses Keputusan Konsumen dalam membeli produk Tshir’t CV Bn’C Bandung.
3. Untuk mengetahui Pengaruh Potongan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Tshir’t CV Bn’C Bandung.

1.4 kegunaan Hasil Penelitian
Dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan berguna bagi berbagai pihak, diantaranya adalah :
1. Kegunaan Operasional
Diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan tentang pentingnya pengaruh potongan harga terhadap kepuasan pengunjung. Selain itu diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan (CV. Bn’C Bandung) dalam pengambilan keputusan perusahaan terutama yang berkaitan dengan bidang pemasaran.
2. Pengembangan Ilmu
• Bagi Penulis
Memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi penulis baik secara teoritis maupun praktis mengenai pengaruh potongan harga dalam meningkatkan keputusan pembelian.
• Untuk Kepentingan Pengembangan Ilmu :
Memberikan manfaat untuk penelitian lebih lanjut serta pengembangan ilmu dibidang manajemen pemasaran terutama mengenai pengaruh potongan harga dalam meningkatkan keputusan pembelian.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes