Pengelolaan Sistem Jaringan Komputer Lokal di Laboratorium Komputer …(IK-33)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada saat ini tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa teknologi informasi berkembang sangat pesat di segala bidang yang berdampak luas pada kinerja suatu perusahaan maupun organisasi-organisasi termasuk di sekolah-sekolah pada masa ini dan di masa yang akan datang. Berbagai peralatan canggih beserta sistem pendukungnya dibuat agar ampu memenuhi kebutuhan informasi yang tersebar begitu cepat maupun untuk mengolahnya lebih lanjut. Perkembangan yang terbaru dari komputer salah satunya adalah dikembangkannya suatu sistem yang menggabungkan lebih dari satu komputer di bawah satu kendali dan memungkinkan pemakai untuk bersama-sama menggunakan sumber daya sistem yang ada dengan adanya koneksi antara satu komputer dengan komputer yang lain, dan pengembangan ini dinamakan jaringan atau network.

Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Plaosan, Kab. Magetan sebagai pelayan publik dalam hal ini bidang pembelajaran ilmu pengetahuan, selalu berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada para siswanya. Salah satu sarana penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah ini adalah adanya laboratorium komputer. Di samping untuk mengenalkan siswa kepada alat teknologi informasi, tentu saja pihak sekolah mempunyai tujuan untuk membekali siswa-siswanya dengan ilmu mengenai komputer itu sendiri. Pihak sekolah mengharapkan, para lulusan siswanya mendapatkan pendidikan awal mengenai komputer sehingga dapat digunakan untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Laboratorium komputer ini sifatnya masih mandiri (bekerja sendiri-sendiri), belum dapat terkoneksi atau terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Plaosan untuk lebih mengembangkan teknologi komputernya menjadi suatu jaringan terpadu agar mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Untuk jangka pendek, jaringan ini akan bermanfaat bagi guru TI dalam kegiatan belajar mengajarnya, untuk menambah dan mengurangi data, tidak perlu harus mengatur satu per satu komputernya tapi hanya lewat satu komputer pusat, data sudah bisa ditambah maupun dikurangi.

Untuk jangka panjangnya, jaringan dapat dikoneksikan ke internet sehingga akan mampu mengakses berbagai informasi dari belahan dunia manapun tanpa batas dan kapan saja. Ini nantinya sebagai pertimbangan bagi para siswa lulusan sekolah dasar yang akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi untuk menjadikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Plaosan ini menjadi tujuan sekolah mereka selanjutnya.

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes