PERANAN RENCANA ANGGARAN KAS ( CASH BUDGET PLAN ) YANG EFEKTIF DALAM USAHA MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA (EKN-25)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Keadaan dunia usaha yang berkembang pesat mempunyai dampak yang luas bagi perusahaan. Setiap perusahaan dalam menmjalankan usahanya selalu ingin berkembang , perkembangan dunia usaha ini menyebabkan semakin kompleks masalah yang dihadapi manajemen sehubungan dengan kebutuhan keuangan perusdahaan. . Dengan berkembangnya perusahaan, maka dituntut untuk lebih dapat mengelola penggunaan modal kerjanya secara efisien , sehingga bisa dicapai tingkat keuntungan yang optimal dan perkembangan maupun kelangsungan hidup perusahaan terjamin.

Tujuan pendirian suatu perusahaan pada umumnya adalah mencari keuntungan atau laba. Dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut kan banyak ditemui hambatan-hambatan , baik dari dalam perusahaan itu sendiri maupun hambatan dari luar perusahaan. Untuk itu dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut perlu dibuat suatu perencanaan yang baik karena dengan dibuatnya perencanaan tersebut dapat digunakn sebagai dasar untuk melakukan kegiatan pencapaian tujuan perusahaan dan kegiatan perusahaan dapat diawasi sehingga memungkinkan manajemen bekerja lebih efektif dan efisien . Karena salah satu faktor penentu berhasil tidaknya suatu perusahaan adalah dinilai dari baik tidaknya pengelolaan manajemen keuangan perusahaan itu sendiri.Anggaran kas merupakan bagian dari manajemen keuangan yang memerlukan pengelolaan yang baik agar tercapainya tujuan yang diharapkan . Dalam menjalanjkan operasinya , kas merupakan aktiva lancar yang paling likuid bagi perusahaan atau salah satu modal kerja yang paling tinggi tingkat likuiditasnya. Artinya semakin besar jumlah kas yang dimiliki perusahaan semakin tinggi tingkat likuiditasnya perusahaan. Tetapi tidak selalu dengan jumlah kas yang besar , perputaran lambat atau sebaliknya , karena perpuyaran kas dipengaruhi oleh penjualan.

Untuk menjaga likuiditas perusahaan perlu membuat perkiraan atau estimasi mengenai kas didalam perusahaan juga perusahaan harus merencanakan anggaran kas yang tepat karena anggaran kas merupakan alat yang penting bagi manajemen untuk menjaga agar posisi likuiditas perusahaan selalu terjamin..Dengan disusun anggaran kas maka dapat mengetahui kapan perusahaan tersebut dalam keadaan defisit maupun surplus. Perencanaan anggaran kas merupakan suatu penentu terlebih dahulu tentang aktivitas yang akan dilakukan serta tindakan untuk menkan timbulnya pemborosan kas dalam menjalankan operasi perusahaan sehari-hari.

Tidak terselenggaranya perencanaan anggaran kas merupakan cermin dari manajemen kas yang kurang sempurna dimana perusahaan tidak mengetahui kapan mengalami kekurangan atau kelebihan uang tunai (kas). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kas sangat berperan penting dalam menentukan kelancaran dan kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu kas harus direncanakan dan diawasi dengan baik , baik aliran kas masuk (cash in flow) maupun kas keluar (cash out flow) karena aliran kas masuk ataupun aliran kas keluar akan terjadi secara terus menerus dalam perusahaan atau akan berlangsung selama perusahaan itu masih ada.

Likuiditas merupakan salah satu faktor yang menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan Likuiditas dapat menggambarkan tentang keadan profitabilitas suatu perusahaan, karena untuk dapat melangsungkan hidupnya, suatu perusahaan haruslah berada dalam keadaan menguntungkan atau profitable. Tanpa adanya keuntungan akan sangat sulit bagi perusahaan untuk menarik modaldari luar. Pemilik perusahaan dan pihak manajemen akan berusaha meningkatkan keuntungan karena arti keuntungan bagi masa depan perusahaan sangatlah penting , maka dari itu menjaga likuiditas dan meningkatkan rentabilitas sangatlah penting sekali artinya . Agar seorang manajer keuangan dapat menjagha kondisi likuiditas yang diinginkan oleh perusahaan dan meningkatkan rentabilitas maka diperlukan suatu alat bantu yang disebut dengan budget kas (Cash Budget).

Mengingat bahwa didalam kas perusahaan sangatlah diperlukan dan berdasarkan kondisi atau keadaan pada perusahaan Kaleng “PT. Arthawena Sakti Gemilang” Malang..Juga dengan melihat uraiandiatas, makapenulis mengangkat kedalam karyatulis yang berjudul “ Peranan Rencana Anggaran Kas (Cash Budget Plan) Yang Efektif Dalam Usaha Menjaga Likuiditas Dan Meningkatkan Rentabilitas pada Perusahaan Kaleng “PT. Arthawena Sakti Gemilang” Malang”

1.1. Rumusan Masalah

Dengan memperhatikan latar belakang masalah yang telah diuraikan , maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
“Sejauhmana peranan anggaran kas (Cash Budget Plan) yang efektif dalam usaha menjaga likuiditas dan meningkatkan rentabilitas pada perusahaan kaleng “PT. ARTHAWENA SAKTI GEMILANG” MALANG”?

1.3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui sejauhmana peranan anggaran kas (Cash Budget Plan) yang efektif dalam usaha menjaga likuiditas dan meningkatkan rentabilitas pada perusahaan kaleng pada PT. ARTHAWENA SAKTI GEMILANG MALANG

1.4. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi perusahaan:
Dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan khususnya manajemen keuangan perusahaan tersebut untuk mengambillangkah-langkah selanjutnya dalam usaha menefektifkan penggunaan budget kas. Juga dapat mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengguanan kas sehingga dapat menjaga kondisi likuiditas dan rentabilitas perusahaan guna tercapainya tujuan yang diinginkan..

2. Bagi Penulis
Untuk mengetahui sampai seberapa jauh teori yang pernah penulis pelajari dibangku kuliah dapat diterapkan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam perusahaan yang menyangkut tentang budget kas dan mencoba memecahkan permasalahan tersebut dengan mengaplikasikan teori-teori yang di peroleh , juga memadukan dan membandingkan antara teoti yang didapat di bangku kuliah dengan praktek yang ada di lapangan sehingga diharapkan teori tersebut dapat dijadikan acuan untuk memecahkan permasalahan yang ada di perusahaan tempat penelitian.
3.. Bagi pihak umum atau pihak lainnya:
Dapat dipakai sebagai refrensi dan dapat digunakan untuk menambah pengetahuan khususnya mengenai budget kas.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes