PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI JADWAL SHALAT DAN ARAH KIBLAT BERBASIS SMS (IK-18)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang begitu cepat diberbagai bidang termasuk dibidang telekomunikasi, memungkinkan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain kapan saja, dimana saja, walaupun dipisahkan oleh jarak yang jauh. Pada dekade sekarang ini ada beberapa media transmisi yang dipakai dalam bidang telekomunikasi yaitu menggunakan kabel, maupun tanpa kabel (nir kabel).

Telepon seluler (ponsel) merupakan suatu contoh kemajuan dibidang telekomunikasi dengan menggunakan media transmisi tanpa kabel. Dengan menjamurnya pengguna ponsel dimana-mana, dapat dikatakan ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Selain digunakan untuk komunikasi suara dengan lawan bicara, ponsel juga memiliki kemampuan lain yaitu dapat digunakan untuk mengirim pesan teks yang lebih populer dengan nama SMS (Short Message Service).

Dengan semakin banyaknya penggunaan ponsel untuk berkirim SMS, kemudian muncul gagasan untuk membuat layanan berbasis SMS sepeti info valas, harga saham, transaksi perbankan, kuis , polling , dan lain-lain.

Layanan berbasis SMS lainnya yang tidak kalah banyak diminati masyarakat yaitu layanan yang berhubungan dengan keagamaan dan ibadah. Sebagaimana kita ketahui misalnya SMS siraman rohani, tanya jawab seputar agama, infaq dan shadaqah, dan lain-lain.

Shalat wajib lima waktu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan sebaik mungkin sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, sesuai dengan arahan dan tuntunan Al Qur’an dan Al Hadist.
Layanan yang memberikan informasi jadwal shalat dan arah kiblat merupakan hal penting untuk membantu melaksanakan ibadah tersebut, seiring dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat akan fasilitas-fasilitas untuk menunaikan ibadah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
Dengan adanya teknologi SMS dan semakin terjangkaunya harga ponsel, hanya diperlukan sebuah sistem terpusat berupa database server menggunakan personal computer yang terhubung ke sebuah terminal baik berupa GSM modem atau cukup dengan ponsel biasa untuk mengatur layanan berbasis SMS kepada pengguna.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis dapat mengidentifikasikan permasalahan bahwa layanan informasi yang berorientasi mengutamakan kepuasan pemakai tidak lepas dari hal-hal berikut :
1. Kecepatan
Informasi harus dapat diakses dengan cepat (real time)
2. Kemudahan
Informasi harus dapat diakses dengan mudah, kapan saja dan dimana saja
3. Keakuratan
Informasi harus akurat
4. Biaya yang relatif murah
Informasi harus didapatkan dengan biaya semurah mungkin dan tetap menjaga kualitas informasi
Untuk mewujudkan keempat hal di atas tentu memerlukan inovasi dan kreatifitas bagi pihak yang memberikan layanan. Salah satu inovasi dan kreativitas yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi SMS.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes