Perangkat Lunak Penterjemah Bahasa Indonesia-Inggris Menggunakan Pencocokan Tata Bahasa Bagi Pelajar Tingkat Dasar (TE-10)

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan potensi alam dan sumber daya manusia yang unggul. Untuk mengembangkan potensi alamiah dan sumber daya manusia diperlukan sarana diantaranya berupa ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus diambil dari dunia luar karena terbatasnya sarana di Indonesia. 
Sarana penting untuk transfer ilmu dan teknologi dari bangsa-bangsa lain adalah mempelajari bahasa mereka. Karena bahasa yang digunakan secara internasional saat ini adalah bahasa Inggris, maka diperlukan usaha sejak dini untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada generasi muda Indonesia secara umum dan khususnya untuk pelajar tingkat dasar.

Selama ini pelajar tingkat dasar Indonesia banyak yang belajar bahasa Inggris melalui media cetak atau dari guru bahasa di sekolah-sekolah. Masih jarang sekali sarana belajar bahasa Inggris tingkat dasar yang memanfaatkan teknologi komputer.


Karena tantangan itulah salah satu cara untuk mengatasinya dibuat sebuah perangkat lunak penterjemah bahasa untuk pelajar tingkat dasar di Indonesia. Dengan belajar menterjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke bahasa Inggris pengguna akan mengetahui arti kalimat bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris sekaligus membandingkan tata bahasa Inggris dengan tata bahasa Indonesia. Software yang akan digunakan adalah Visual Basic 6.0

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes