PERENCANAAN PAJAK SEBAGAI UPAYA LEGAL UNTUK MENGEFISIENSIKAN KEWAJIBAN PAJAK PT CHD (EKN-157)

Perkembangan  perekonomian  negara  saat  ini  semakin  berkembang  pesat dengan adanya perdaganggan bebas yang mulai dari tahun 2003. Perusahaan- perusahaan yang sedang berkembang tidak dapat menghindari pajak yang sudah merupakan kewajiban wajib pajak terhadap negara atas penghasilan yang di peroleh. Hal ini membuat perusahaan harus membuat suatu perencanaan untuk mendapatkan laba yang di inginkan termasuk tentang pajak yang harus dibayarkan. Atas dasar inilah penulis tertarik untuk memilih bidang studi perpajakan tentang perencanaan perpajakan yang di lakukan perusahaan.
Pajak merupakan sumber penerimaan negara untuk penyelenggaraan pemerintahan atau pembangunan dan sebagai pendorong kegiatan perekonomian. Berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan penerimaan dari sektor pajak akan mempengaruhi efisiensi dan daya saing perusahaan karena setiap perusahaan dituntutuntuk menekan biaya, dalam hal ini adalah kewajiban membayar pajak, dimana biaya akan menurunkanafter tax profit, rateof return dan cashflow. Hal  tersebut  menuntut  perusahaan  untuk  mengefisiensikan  beban  pajak  dengan berbagai upaya legal dalam manajemen pajak, dimana tahap awal dari manajemen pajak adalah perencanaan pajak menurut peraturan-peraturan perpajakan yang berlaku. Dengan  adanya  perencanaan  pajak  tersebut,  wajib  pajak  dapat  menghemat  jumlah pajakyang sebenarnya melebihi kewajibannya   dandi lain pihakmembantu wajib pajak dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan rencana investasidi masa yang akan datang.

Sebagai salah satu perusahaanyang bergerak dalam bidang perdagangan spairpart diesel, PT. CHD harus melaksanakan kewajiban perpajakan terhadap negara. Dengan  adanya sistemperpajakan yang diterapkan oleh perusahaan dalam menghitung pajak, maka penulis tertarik untuk menganalisis dan mengusulkan perencanaan pajak yang legal kepada PT CHD, dan penulis tertarik untuk mengkaji perencanaan pajak yang diterapkan oleh perusahaan serta untuk mengetahui apakah perencanaan yang dilakukan sesuai dengan undang-undang perpajakan.
Dengan pembahasan perencanaan pajak ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan agar dapat mengefisiensikan beban pajak dengan upaya-upaya yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga kewajiban perpajakan yang harus di bayarkan oleh perusahaan lebih efisien dan efektif.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes