Perencanaan persediaan bahan baku hose assy komponen ppc main line unit model pc200-7 menggunakan material requirement planning di hose production pt united tractors tbk (TIS-5)

Dalam era globalisasi pada saat ini persaingan bisnis dibidang jasa sudah semakin ketat, maka suatu perusahaan harus memiliki misi yang jelas untuk membawa usahanya ke arah yang lebih baik. Perubahan situasi lingkungan, kebutuhan masyarakat serta harapan para pengguna sistem informasi yang tidak menentu merupakan faktor- faktor penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Bila suatu perusahaan tersebut tidak mengikuti arus globalisasi maka perusahaan akan tertinggal jauh diantara para pesaing yang semakin kompetitif.

PT United Tractors Tbk (PTUT) merupakan salah satu distributor alat-alat berat serta penyedia pelayanan purna jual baik berupa suku cadang maupun servis dengan cabang-cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan semakin berkembangnya bisnis perusahaan maka tuntutan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan menjadi sebuah tolak ukur dalampencapaian kepuasan pelanggan.
Pelanggan yang telah membeli alat-alat berat tentu membutuhkan adanya suku cadang baru sebagai pengganti dari suku cadang yang mengalami kerusakan dan tidak bisa diperbaiki. Terhadappermintaan suku cadang ini, ada beberapamacam tipikal pelanggan diantaranya adalah pelanggan yang price oriented dan value oriented. Untuk itu salah satu strategi yang dilakukan dalam penyediaan suku cadang adalah variasi produk, sehingga terhadap tipikal pelanggan tersebut, ketersediaan akan alternatif suku cadang dapat terlayani dengan baik.
Atas dasar kebutuhan diatas maka PTUT melalui salah satu divisinya yaitu Parts Division mendirikanyang namanya bagian HoseProdution yang di kelola bersama oleh Parts Inventory Department dan Parts Marketing Department. Bagian ini bertugas  untuk  memproduksi  suku  cadang  jenis  hose  assy.  Diharapakan  dengan adanya hose assy ini maka menambah alternatif produk hose assyyang bisa dipilih oleh pelanggan dengan harga yang murah dan kualitas yang terjamin.
Hose assy adalah suku cadang yang dipakai untuk memindahkan fluida atau cairan serta udara dari pompa penggerak ke actuator dan sebaliknya. Untuk memproduksi sebuah hose assy ini diperlukan bahan baku yang terdiri dari fitting, hose, dan spring guard  yang  dipesan  dari  supplier.  Sehingga  diperlukan  perencanaan  dan pengendalian persediaan fitting, hose, danspring guard agar terjaga dalam kelancaran prosedur dan pelaksanaan bidang opersaionalnya. Oleh karena itu, peranan logistik sangat diperlukan.
Saat ini kebijakan persediaan bahan baku yang dilakukan masih belum memperhitungkan pemesanan optimum, karena dilakukan pemesanan bahan baku kepada supplier berdasarkan pendekatan bahwa fitting, hose, dan spring guard merupakan bahan baku dengan klasifikasi independent demand.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes