Strategi Pembangunan Pertanian Tanaman Bawang Merah Di Kabupaten Nganjuk … (64)


Penelitian ini dilakukan untuk mengindentifikasikan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternal pembangunan pertanian tanaman bawang merah dan strategi apa yang harus ditempuh dalam pembangunan pertanian tanaman bawang merah di Kabupaten Nganjuk. 

Metode analisis yang penulis pergunakan untuk merumuskan strategi pembangunan pertanian tanaman bawang merah di Kabupaten Nganjuk adalah SWOT analisis, dengan focus penelitian pada produktivitas lahan, optimalisasi lahan, alat mesin pertanian dan tenaga kerja serta pendapatan petani bawang merah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembangunan pertanian tanaman bawang merah di Kabupaten Nganjuk yang perlu dimanfaatkan adalah Strategi SO yaitu strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. 

Strategi tersebut meliputi : (1) Optimalisasi dan produktivitas lahan; (2) Dukungan dana pembangunan pertanian bawang merah; (3) Peningkatan kualitas SDM petani; (4) Optimalisasi sumber daya air dan irigasi; (5) Kemitraan; (6) Perluasan lapangan kerja; (7) Pemanfaatan deregulasi; (8) Pemanfaatan peluang pasar dan (10) Pemanfaatan industri pengolah hasil pertanian 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes