Strategi Pengelolaan Hutan Dgn Paradigma Community Based Forest Management (CBFM) Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Ds Sekitar Hutan di..(27)


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan LMDH dan strategi yang diterapkan dalam mengelola hutan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa sekitar hutan.
Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2006 berlokasi di LMDH Argo Mulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. 

Metode yang digunakan metode deskriptif dan survey serta menggunakan analisa data secara deskriptif kualitatif dengan analisa SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats) . 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan LMDH sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa hutan dengan menerapkan strategi pengelolaan hutan yaitu (1) managemen sumberdaya hutan melalui kegiatan pengamanan hutan, penanaman dan pemanenan, pengelolaan areal produksi benih, pembuatan persemaian ; (2) konservasi sumberdaya hutan melalui kegiatan pengelolaan kawasan lindung, agroforestry / social forestry (wanafarma, wanatani), pengelolaan wana wisata. Hasil matrik IFAS dan EFAS menunjukkan skor nilai faktor kekuatan lebih baik dari pada kelemahan (1,72 > 0,80), dan skor nilai faktor peluang lebih baik dari pada ancaman (1,95 > 0,75). Analisa SWOT menunjukkan bahwa strategi SO (Strenght-Opportunities) memiliki nilai skor tertinggi (3,67) dibandingkan dengan strategi WO (2,75), strategi ST (2,47) dan strategi WT (1,52) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes