Strategi Pengembangan Tanaman Mindi (Melia azedarach L.) dengan Pola Agribisnis Hutan Rakyat , Studi di Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan…(49)


Tanaman Mindi (Melia azedarach L.) yang tumbuh liar di lahan tegal dan pekarangan, dan ada yang sengaja ditanam tetapi tidak dipelihara secara intensif, banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Sebagai komoditas yang mempunyai produk (kayu) bernilai ekonomis cukup tinggi dapat menambah pendapatan keluarga petani lahan kering. 

Permintaan kayu Mindi sebagai bahan baku industri semakin meningkat setiap saat. Tantangan bagi pelaku pasar kayu Mindi yaitu ketersediaan kayu Mindi secara kontinyu, mengingat budidaya tanaman Mindi belum dilakukan secara intensif.
Untuk mengembangkan tanaman Mindi dengan pola agribisnis Hutan Rakyat, perlu diidentifikasi permasalahan yang ada, baik faktor internal maupun eksternal, yang mempunyai pengaruh positif maupun negatif, sehingga dapat ditentukan strategi yang tepat untuk pengembangan budidaya tanaman Mindi secara intensif yang berwawasan agribisnis dan kelestarian sumberdaya alam (hutan, tanah dan air). Beberapa faktor strategis dalam budidaya tanaman Mindi antara lain : sumberdaya alam, sumberdaya manusia, modal, teknologi, produksi, manajemen usaha dan pemasaran. Masing-masing faktor mempunyai variabel yang berpengaruh positif maupun negatif terhadap pengembangan budidaya tanaman Mindi. 

Dari hasil penelitian ini, dengan menggunakan Analisis SWOT dapat diketahui bahwa faktor kekuatan dan peluang mempunyai pengaruh lebih besar dibanding faktor kelemahan dan ancaman, sehingga strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan budidaya tanaman Mindi di Kecamatan Panekan adalah Strategi Agresif (growth oriented strategy) yaitu memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang, dengan kegiatan-kegiatan antara lain :
• Memanfaatkan potensi lahan untuk pengembangan areal penanaman Mindi dengan usahatani Hutan Rakyat.
• Menjaga kualitas kayu Mindi untuk mempertahankan kontinuitasa permintaan pasar.
• Mengembangkan manfaat dan kualitas kayu Mindi dengan mengoptimalkan manfaat industri penggergajian kayu. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes