Tesis Pendidikan

Tesis pendidikan merupakan sebuah laporan riset yang sama dengan esai dan makalah, tetapi masuk ke dalam jauh lebih detail. 
Biasanya merupakan laporan ilmiah. Ini menjadi cara yang hebat untuk menguji seberapa baik yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, terutama mahasiswa pascasarjana.
Menulis tesis pendidikan nyatanya bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras dan tekad kuat yang harus benar-benar ditanamkan sejak awal. Bisa jadi, untuk urusan judul saja kita sudah dibuat pusing. Kita harus bolak balik mengganti dengan berbagai alasan.
Dalam membuat tesis pendidikan, dibutuhkan referensi yang cukup. Semakin banyak referensi yang kita baca, semakin bertambah pengetahuan kita.
Dengan melakukan diskusi yang intens dengan pembimbing, maka kita bisa mendapatkan pencerahan dalam mengerjakan tesis. Setidaknya, pemikiran kita tentang apa yang akan kita tulis untuk tesis bisa diterima.
Tesis pendidikan yang benar tentu saja memerlukan pemikiran yang benar-benar mendalam. Ada hal penting yang harus menjadi prioritas adalah kita harus berpikir bahwa tesis yang kita buat berdasarkan azas manfaat. Apakah berguna bagi dunia pendidikan, memberikan manfaat bagi banyak orang, atau tidak. 
Jangan sampai tesis yang kita buat tidak bermanfaat apa-apa, baik untuk diri kita, apalagi untuk orang lain. Idealnya, dalam membuat tesis, kita bisa membantu memecahkan permasalahan yang ada.
Langkah awal menulis tesis pendidikan harus dimulai dengan garis besar, termasuk judul bab, sub-judul, dan tabel/grafik. Biarkan garis besar ini menjadi panduan untuk menulis tesis. 

Setelah itu dipecah menjadi berbagai judul dan sub-judul itu, sehingga tidak akan terasa seperti pekerjaan besar. Gunakan kerangka untuk menetapkan tujuan dan tenggat waktu. Hadiahi diri Anda sendiri ketika Anda mencapai tujuan-tujuan tersebut. Bagian tesis adalah:
  • Halaman Judul, termasuk nama penulis, judul, dan nama universitas
  • Abstrak, merupakan sebuah ringkasan singkat tentang topik riset. Ini harus mencakup metode dan hasil akhir dari penelitian.
  • Daftar Isi
  • Pendahuluan, penjelasan mengapa topik tersebut penting dan perlu diangkat. Mencakup informasi latar belakang mengenai topik.
  • Literature Review, berisi uraian tentang teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian
  • Metode, berisi apa saja metode-metode penelitian dalam pembuatan tesis pendidikan ini. Apakah anda berencana untuk kuesioner? Observasi? Apakah metode spesifik Anda untuk menentukan tesis yang benar?
  • Hasil dan diskusi, membahas apa yang ditemukan selama proses penelitian Anda. Berbagai grafik harus digunakan untuk menampilkan hasil yang Anda temukan. Jelaskan kondisi yang mendukung hasil riset Anda.
  • Referensi. Sebutkan setiap sumber yang digunakan dalam gaya yang benar.
  • Lampiran, mencakup materi apapun yang Anda anggap penting tapi tidak dalam tesis yang sebenarnya.
Setelah Anda menyelesaikan setiap bagian, Anda perlu mengoreksi kembali. Lebih mudah untuk mengoreksi kesalahan satu bagian pada satu waktu, daripada mencoba untuk mengoreksi kesalahan keseluruhan tesis pendidikan. Mintalah seseorang mengoreksi setiap bagian. Periksa ejaan, tanda baca, dan tata bahasa kesalahan.
Untuk mendukung tulisan tesis pendidikan anda, bisa menggunakan beberapa contoh tesis manajemen pendidikan dibawah ini sebagai bahan referensi.

    No Comments

    No comments yet.

    RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

    Leave a comment

    WordPress Themes