Tinjauan Atas Perhitungan Dan Penetapan Harga Pokok Produksi Pencelupan Kain pada PT. Ciptaartha Grahamulia (AK-03)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penulisan judul
Krisis ekonomi yang terjadi di negara kita pada tahun 1997, menyebabkan kondisi perekonomian yang tidak stabil sehingga pelaksanaan perekonomian tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga turut melibatkan peran serta masyarakat, lain halnya dengan kondisi perekonomian yang terjadi sekarang ini, yaitu adanya proses pemulihan terhadap kelancaran perekonomian nasional, yang mempengaruhi harga semua bahan kebutuhan yang cenderung naik yang memaksa masyarakat bersikap ekonomis, demikian pula halnya dengan para pengusaha, mereka harus berfikir lebih banyak sebelum melaksanakan usahanya. Perhitungan yang terburu-buru dan keliru akan membawa mereka pada titik akhir usaha yang dijalaninya


Dalam situasi seperti ini sistem perencanaan dan pengendalian yang tepat serta akurat sangat di butuhkan terutama untuk memperhitungkan tingkat efisiensi biaya yang digunakan.
Aktivitas utama perusahaan jasa adalah menawarkan jasa kepada masyarakat dan memberikan jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan menerima imbalan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Dalam proses pemberian jasa, diperlukan pengorbanan sumber ekonomi yang disebut biaya. Dalam suatu proses produksi, biaya-biaya tersebut meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Biaya-biaya ini harus dicatat, diklasifikasikan dan diolah secara cermat sesuai dengan jenis dan sifat biaya tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah perusahaan mengetahui jumlah yang sebenarnya terjadi dalam produksi produk, agar perusahaan dapat menentukan harga pokok.

Harga pokok produksi dalam perusahaan merupakan masalah intern yang sangat membutuhkan perhatian, karena harga pokok produksi ini biasanya
merupakan bagian yang paling besar dari seluruh biaya yang dikeluarkan. Kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi akan mengakibatkan ketidaktepatan dalam penyajian informasi akuntansi, dan pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan yang diambil oleh manajemen perusahaan yang menggunakan informasi akuntansi tersebut.
PT. Ciptaartha Grahamulia adalah perusahaan jasa yang menawarkan jasa pencelupan kain dengan jumlah besar, selain itu PT. Ciptaartha Grahamulia juga berpredikat sebagai salah satu perusahaan jasa pencelupan yang cukup dikenal di kota Bandung. Oleh karena itu untuk menghasilkan harga jual yang bersaing dengan perusahaan jasa sejenis, maka perlu adanya manajemen biaya yang bertujuan untuk membuat biaya menjadi lebih efesien, dan akan diperoleh harga jual yang bersaing dengan keuntungan tertentu.

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis akan memfokuskan pada masalah harga pokok produksi dan menuangkannya dalam bentuk laporan penelitian dengan judul ” Tinjauan Atas Perhitungan Dan Penetapan Harga Pokok Produksi Pencelupan Kain pada PT. Ciptaartha Grahamulia “.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul di atas, pembahasan ini di fokuskan pada hal-hal berikut :
1. Unsur-unsur apa saja yang terkandung dalam harga pokok produksi pencelupan kain pada PT. Ciptaartha Grahamulia.
2. Bagaimana perhitungan harga pokok produksi pencelupan kain pada PT. Ciptaartha Grahamulia.

1.3 Tujuan Penulisan laporan
Tujuan dari dilaksanakannya penulisan laporan penelitian ini untuk :
1. Untuk mengetahui unsur-unsur apa saja yang terkandung dalam harga harga pokok produksi pencelupan kain pada PT. Ciptaartha Grahamulia
2. Untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok produksi pencelupan kain pada PT. Ciptaartha Grahamulia.

1.4 Kegunaan Laporan Penelitian
Hasil kerja praktek yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Bagi perusahaan, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan material harga pokok produksi.
2. Bagi penulis, dapat dijadikan pengalaman berharga dalam menerapkan ilmu yang di dapat di bangku kuliah dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk memperoleh pengetahuan tentang harga pokok produksi.
3. Bagi pihak lain, yang berminat dapat dijadikan referensi oleh peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes