TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. AL – FATH PRODUCTION BANDUNG (PM-18)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, memiliki dampak yang luas disegala bidang. Salah satu bidang yang paling terkena dampaknya adalah sektor perekonomian. Bidang perekonomian memegang peranan penting dalam menunjang bidang – bidang yang lainnya, baik itu dalam aspek sosial, politik, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta kesejahteraan masyarakat.

Sebuah negara yang memiliki sistem perekonomian yang kuat akan mampu bersaing dengan negara – negara maju lainnya didunia. Indonesia sebagai negara yang kaya dan potensial akan sumber daya alamnya, harus dikelola dengan baik sehingga mampu menunjang bidang perekonomian. Dewasa ini perkembangan sektor perekonomian di Indonesia khususnya dunia usaha, baik yang dikelola pihak pemerintah maupun swasta sudah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan, terutama perkembangan perekonomian Indonesia pasca kirisis.
Perusahaan sebagai pelaku dunia usaha dituntut harus mampu mengembangkan suatu rencana strategis pengembangan usaha terutama dalam menyikapi persaingan yang terjadi, untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan dalam skala jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Untuk mencapai tujuan tersebut disadari bahwa tujuan pemasaran sangat diperlukan yaitu untuk membuat perusahaan memperoleh apa yang menjadi tujuan perusahaan.

Merancang sistem saluran distribusi dalam aspek strategi pemasaran adalah hal yang penting dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, yang mana strategi pemasaran merupakan cara untuk mengetahui faktor-faktor yang dikendalikan dan yang tidak dapat dikendalikan agar dapat memperoleh keunggulan bersaing, meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan yang maksimal. Strategi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan dibidang pemasaran khususnya. Disamping itu saluran strategi pemasaran harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan kesempatan atau peluang pada beberapa pasar sasaran.

Salah satu prioritas dalam penentuan strategi pemasaran perusahaan adalah dalam aspek penentuan saluran distribusi pemasaran produk. Karena perusahaan yang mampu menerapkan dan mengembangkan strategi saluran distribusi pemasaran yang tepat, dapat menghasilkan volume penjualan produk yang optimal, sehingga menghasilkan laba dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang masalah pelaksanaa strategi saluran distribusi produk pada CV. Al-Fath Production Bandung. CV. Al-Fath Production Adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi produk fashion, printing, Accesories, souvenir, dll. Penulis akan mencoba membahas mengenai pelaksanaan saluran distribusi yang diterapkan perusahaan dengan judul :
“TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. AL-FATH PRODUCTION BANDUNG

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:
1. Apa tujuan pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
2. Bagaimana pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
3. Faktor-faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung
4. Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes